Judul tidak Jelas

Selama pengalaman membimbing skripsi dan tesis, banyak mahasiswa yang datang dengan proposal dengan judul tidak jelas. Contoh: “Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Restoran X di Kota Y.” Pada saat bimbingan, mahasiswa tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

  1. Aspek apa yang kau teliti dari media sosial Instagram? Apakah keberadaannya, dampak komunikasinya, dampak sosial, atau intensitas pemakaiannya?
  2. Apa keterkaitan antara media sosial Instagram dengan restoran X? Apakah restoran X menggunakan akun Instagram untuk pemasarannya? Apakah restoran X menstimulasi terjadinya e-WOM (electronic word-of-mouth) seperti menyediakan instagrammable sites di restoran? Apakah restoran X membuat iklan di Instagram?
  3. Apa dimaksud dengan keputusan pembelian, apakah prepurchase, purchase, ataukah post-purchase decision?
  4. Kenapa harus restoran X? Apa yang melatarbelakangi penentuannya?
  5. Kenapa di kota Y? Apakah ada perilaku khusus di kota Y yang berbeda dari kota lain? Kalau ada, pemilihan kota Y boleh dilakukan. Tetapi, kalau tidak ada yang khusus atau sama dengan di kota lain, koya Y tidak perlu disebut di judul.

Ketidakjelasan jawaban atas pertanyaan 1, 2, dan 3 menimbulkan kesulitan dalam spesifikasi dan operasionalisasi variable penelitian, yang beresiko pada tidak selesainya skripsi atau selesai tetapi berkualitas buruk. Ketiadaan jawaban atas pertanyaan 4 dan 5 menyebabkan tidak jelasnya latarbelakang masalah penelitian. Oleh karena itu, dalam membuat judul skripsi dan tesis, buatlah judul yang latar belakangnya jelas dan variabelnya dapat dioperasionalisasikan, misalnya:

  1. Daya tarik emosional dan estetika instagrammable sites restoran X dan pengaruhnya pada keinginan pengunjung untuk berkunjung kembali. Dengan judul ini, untuk mengoperasionalisasikan variabel penelitian, peneliti cukup fokus pada daya tarik emosi dan estetika pesan (message) dan post-purchase decision.
  2. Efek hirarki komunikasi video Instagram restoran X dan pengaruhnya pada keinginan pengunjung untuk berkunjung kembali. Teori pendukungnya adalah hierarchy of effect model dan pre-purchase dan post-purchase decision.
  3. Daya tarik rasional dan emosional foto menu Instagram restoran X dan pengaruhnya pada keinginan berkunjung pengunjung dan bukan pengunjung. Teori pendukung adalah teori komunikasi menyangkut daya tarik emosional dan rasional pesan serta behavioral intention.