Mengutip Kamus Online

Catatan: Versi ini menggunakan model APA Edisi Ketujuh. Versi sebelumnya yang menggunakan versi keenam disimpan di sini. Naskah tidak bisa dikopi langsung dari layar untuk menghindari cloning, silakan download bila ingin mengambilnya.

Misalkan untuk memperoleh pengertian tentang merek, kita mengunjungi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online di sini. Penampakannya adalah seperti berikut ini.

Dalam badan tulisan, kita buat kalimat seperti berikut ini:

Menurut Badan Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (n.d),

“Merek adalah tanda yang dikenakan oleh pengusaha (pabrik, produsen, dan sebagainya) pada barang yang dihasilkan sebagai tanda pengenal; cap (tanda) yang menjadi pengenal untuk menyatakan nama dan sebagainya.”

Dalam daftar referensi atau daftar pustaka, penulisan referensi menurut APA Edisi ketujuh adalah sebagai berikut:

Badan Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (n.d). Merek (Def. 1). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses 18 Mei 2021, melalui https://kbbi.web.id/.

  • Def. 1 artinya adalah defenisi no. 1. Informasi ini diperlukan karena dalam kamus, sebuah kata bisa memiliki berbagai pengertian. Setiap pengertian biasanya diberi nomor.
  • (n.d) artinya tidak ada informasi tentang kapan pengertian tersebut dipublikasikan secara online.

Kalau artikel ditulis dalam bahasa Inggris, maka kata merek harus diberi padanan dalam bahasa Inggris, seperti berikut ini:

Badan Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (n.d). Merek (brand) (Def. 1).  In Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online Dictionary. Retrieved May 18, 2021, from https://kbbi.web.id/.

Posted in Manajemen Referensi.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.